Coban Pletes yang Mempesona

Pasang Iklan Di Sini
Coban-Pletes-Sukodono-Dampit

Pernah dengar Coban Pletes? Agak asing di telinga ya? Memang. Karena air terjun ini baru beberapa bulan dibuka sebagai tempat wisata. Berawal dari info yang diberikan seorang kawan yang pernah ke sana. Akhirnya saya bergegas menuju desa Sukodono, kecamatan Dampit, Malang. Setelah sampai di desa Sukodono, saya kemudian mencari dusun Pletes, lokasi coban ini berada, Air terjun ini berada di area perkebunan kopi warga. Di area air terjun ini terdapat 2 air terjun utama.

Informasi Rute

……………………………………………………………………………………………………….

  1. Jika kamu pakai kendaraan pribadi:


    DariMalang / Kepanjen: pacu kendaraanmu menuju Gondanglegi-Turen-Dampit. Tiba di Masjid Agung Darussalam kota Dampit lurus saja, nanti ada pertigaan belok kanan menuju desa Sukodono. Ikuti jalan tersebut tiba di perempatan Sukodono tanya warga ke air terjun Coban Pletes

Dari Lumajang: arahkan kendaraan anda menuju Sumbersuko-Tempeh-Pasirian-Candipuro-Pronojiwo-Ampelgading-Tirtoyudo-Dampit. Sebelum tiba di perempatan Dampit, ada pertigaan. Belok kiri menuju desa Sukodono.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Parkir
……………………………………………………………………………………………………….

  1. Harga Tiket Masuk = Belum ada
  2. Harga Parkir= Belum ada (Harap memberi imbalan seikhlasnya ke tempat penitipan             kendaraan)

Fasilitas

……………………………………………………………………………………………………….

Belum ada

Jenis Wisata yang Bisa Dilakukan
……………………………………………………………………………………………………….

Wisata Alam, Wisata Petualangan.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan
……………………………………………………………………………………………………….

Main air, menikmati suasana alam dan gemuruh air terjun. Mau Camping? Boleh kok.

Kendaraan yang Bisa Masuk
……………………………………………………………………………………………………….

Sepeda, Sepeda Motor.

Tempat Wisata di Sekitar

……………………………………………………………………………………………………….
Pantai Tambakasri

Mbrasak Yuk
……………………………………………………………………………………………………….
Hari Minggu nih…. Waktunya liburan!! Tapi liburan kemana ya!? Bingung nih. Ahaa… Tanya mbah gugel aja deh.  “Mbah, air terjun di sekitar sini yang basgus mana mbah?” Mbah Gugel pun menjawabnya dengan menampilkan beberapa artikelnya. Hingga akhirnya saya dapat artikel tentang Coban Pletes di wilayah kecamatan Dampit.

Setelah mencari beberapa informasi, akhirnya Minggu siang itu pun,. Aku berangkat ke air terjun Coban Pletes di desa Sukodono. Setibanya di perempatan Sukodono (yang ada banner Coban Tuno 3(Kalau  gak salah)), aku belok  kanan menuju ke arah desa Sidoasri/Pantai Tambakasri.

Setibanya di dusun Pletes, saya bertanya pada warga lokal mengenai letak Coban Pletes. Setelah mengikuti petunjuk yang diberikan warga, akhirnya saya bertemu dengan plang ini. Jika kamu bertemu dengan plang di bawah ini, maka kamu sudah dekat dengan air terjun Coban Pletes:

Aslinya masih 1 km an. Tapi intinya tetap semangat.

 

Setelah melewati plang tersebut, kamu bisa memilih untuk parkir di rumah warga atau di tengah perkebunan kopi. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan melalui jalan setapak yang melintasi perkebunan kopi milik warga sekitar. 15 menit kemudian, aliran Coban Pletes 1 mulai terlihat di balik rimbunnya perkebunan kopi.

 

Dan inilah view dari Coban Pletes 1:

Setelah puas menikmati Coban Pletes 1. Saya melanjutkan Coban Pletes 2 yang berada di atas aliran Coban Pletes 1. Setelah berjalan 10 menit. Tibalah saya di Coban Pletes 2. Di bawah air terjun ini terdapat kolam yang hijau. Dibuat untuk mandi segar tuh kayaknya.

Saran Ane:

  1. Jika cuaca memburuk segera pulang, agar tidak terjebak banjir / longsor.
  2. Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak langkahmu.
  3. Patuhi aturan warga dan hormati kearifan lokal warga.
  4. Gunakan sandal anti selip.
  5. Jangan malu bertanya, agar tidak kesasar.
  6. Bagi yang belum / baru bisa berenang dianjurkan tidak berenang di bawah air terjun ini. Ada pusaran airnya bro. Kalau ga ngerti teorinya bisa tenggelam.

Koordinat GPS:

  1. Coban Pletes 1 : 08°18′16.1″S 112°45′37.8″E
  2. Coban Pletes 2 : 08°18′15.3″S 112°45′41.1″E

 

Sobo Alam

Facebook Comments
Pasang Iklan disini

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan